Friday, May 1, 2009

KEKERASAN

Kekerasan merupakan tindakan agresi dan pelanggaran (penyiksaan, pemukulan, pemerkosaan, dan lain-lain) yang menyebabkan atau dimaksudkan untuk menyebabkan penderitaan atau menyakiti orang lain, dan hingga batas tertentu tindakan menyakiti binatang dapat dianggap sebagai kekerasan, tergantung pada situasi dan nilai-nilai sosial yang terkait dengan kekejaman terhadap binatang. Istilah "kekerasan" juga mengandung kecenderungan agresif untuk melakukan perilaku yang merusak. Kerusakan harta benda biasanya dianggap masalah kecil dibandingkan dengan kekerasan terhadap orang.



Pada dasarnya tindakan kekerasan tidak hanya yang bersifat kekerasan fisik. Kekerasan berupa perkataan yang bisa berdampak pada timbulnya perasaan tidak senang atau melukai hati orang lain bisa dikategorikan sebagai sebuah tindakan kekerasan.
Sebagai seorang manusia bisa penulis dalam drama ini “ Harold Pinter” juga punya kecenderungan untuk melakukan kekerasan. Salah satunya adalah ketika ia dikeluarkan dari sekolah karena memukul kepala sekolahnya sendiri. Pemukulan merupakan suatau kekerasan fisik yang bisa berdampak bukan hanya pada kondisi fisik sesorang saja tetapi bisa pila berdampak pada mental orang tersebut.
Dala dramanya juga banyak tindakan kekerasa yang ditunjukan olah para pelakunya. Salah satunya adalah perbuatan Jimmy terhadap istrinya sendiri. Jimmy sering berkata kasar kepada Istrinya. Meskipun secara fisik perkataan kasar tidak berdampak secara langsung kepada Alison, istrinya, tapi secara mental, itu bisa melukai dan menyakiti Alison yang bisa berdampak panjang. Kekerasan yang dilakukan Jimmy ini adalah kekerasan terhadap istri, atau yang kita kenal Kekerasan dalam rumah tangga. Kekerasan semacam inilah yang biasa menimbulakan keretakan dalam rumah tangga seseorang. Dan karena hal itu pula lah yang membuat Jimmy dan Alison berpisah meskipun akhirnya bersatu kembali.
Bagaimanapun juga, seorang suami yang berperan sebagai seorang pemimpin dalam rumah tangga harus bisa berkata dengan baik pada istrinya. Perkataan yang kasar merupaknan suatu tindak kekerasan

7 comments:

  1. Luka fisik yg diakibatkan karena kekerasan mungkin bisa diobati,namun luka psikisnya akan lebih sulit disembuhkan..

    Jadi pengen merenung nih..

    ReplyDelete
  2. keluarga yg biasa melakukan kekerasan sbg penegasan sama saja membesarkan 'preman/algojo' dlm diri anak2 mereka...nice posting .

    ReplyDelete
  3. bagaimanapun kekerasan dalam bentuk apapun harus dihapuskan
    apakah itu bersifat fisik atau psikis

    ReplyDelete
  4. hapusin kekerasan.
    hidupkan keamanan :)

    ReplyDelete
  5. Tidak semua bisa diselesaikan dengan kekerasan.

    ReplyDelete